in ,

8 Hal yang Dilarang pada Perayaan IMLEK



Merayakan Tahun Baru Imlek dengan teman-teman yang juga turut merayakan bisa menjadi hal yang sangat dinantikan. Namun ada hal hal yang dilarang dilakukan atau pantangan yang harus dijaga agar nasib buruk tidak menimpa pada tahun berikutnya



1. Dilarang membersihkan rumah

Menyapu atau membersihkan rumah dipercaya bisa mengakibatkan tersapunya keberuntungan di tahun mendatang. Bukan hanya larangan untuk menyapu, tradisi menyebutkan bahwa sebaiknya semua perangkat rumah tangga, seperti sapu, sikat, dan lainnya juga harus disembunyikan

2. Jangan Hidangkan Bubur.

Dalam soal makanan, hindari untuk untuk menyajikan bubur selama Imlek. Menurut kepercayaan, bubur merupakan lambang kemiskinan. untuk lebih baiknya, sajikan kue keranjang, jeruk, ikan bandeng sampai dengan Siu Mi.

3. Tak boleh keramas dan mencuci baju

Salah satu pantangan lainnya adalah tidak boleh mencuci baju pada hari pertama dan kedua Tahun Baru, karena dua hari tersebut dirayakan sebagai ulang tahun Shuishen, Dewa Air.

Sedangkan rambut tidak boleh dicuci pada hari pertama tahun baru Imlek. Pada bahasa Mandarin, rambut memiliki pengucapan yang serupa dengan kata “fa” yang berarti “menjadi kaya.” Oleh karenanya, keramas atau mencuci rambut diasosiasikan dengan “mencuci” keberuntungan dan kemakmuran.

4. Tak boleh jual beli buku

Dalam bahasa Kanton, buku memiliki pengucapan yang sama dengan kata kehilangan. Kegiatan membeli dan menjual buku juga dilarang karena diasosiasikan dengan kehilangan keberuntungan sepanjang tahun. 

5. Dilarang memberi hadiah jam, payung, cermin atau sepatu

Dalam bahasa Mandarin, istilah “memberi jam” memiliki pengucapan yang serupa dengan “melayat.” Sedangkan payung diasosiasikan dengan perpisahan. 

Cermin sendiri dipercaya memiliki kekuatan untuk menarik roh-roh jahat, dan sepatu memiliki konotasi negatif. 

Daripada memberi hadiah berupa barang-barang tersebut, memberi hadiah berupa amplop merah yang berisi uang akan lebih diapresiasi dan dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi penerimanya

6. Tak boleh mengenakan baju dengan warna hitam putih

Hitam dan putih adalah dua warna yang diasosiasikan dengan kegiatan melayat dan perasaan berduka. Oleh karenanya, hindari mengenakan pakaian dengan dua warna tersebut.

Di sisi lain, mengenakan baju berwarna merah dan memasang dekorasi berwarna merah di dalam rumah merupakan sesuatu yang disarankan.

Asal usul warna merah membawa keberuntungan sendiri bisa dirunut pada sebuah legenda tentang mahluk bernama Nian yang ditakuti manusa. 

Suatu saat, makhluk tersebut mengobrak-abrik suatu kampung dan satu-satunya rumah yang luput dari Nian adalah rumah yang memasang kain merah di pintunya. Dari legenda ini, warna merah diyakini membawa perlindungan dan keberuntungan.

7. Tak boleh meminum obat

Meminum obat atau obat herbal di hari pertama Tahun Baru jadi pertanda akan sakit sepanjang tahun sehingga tabu dilakukan. 

Bahkan di beberapa tempat di China, orang-orang akan memecahkan pot-pot obat mereka ketika bel tahun baru berdentum pada tengah malam, dengan harapan kebiasaan itu bisa menyembuhkan penyakit di tahun yang baru.

8. Dilarang kentut Sembarangan

ya kamu dilarang kentut ngga enakan kalo kamu lagi dikasih angpau terus kamu kentut itu ngga sopan bangetzz *intermezzo

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Written by abi manyu

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Sejarah Imlek di Indonesia

Wisata Murah saat Imlek Jakarta dan Sekitar nya