in

Lelah yang disukai Allah dan Rasulnya

Rasa lelah merupakan sesuatu yang pasti dirasakan oleh setiap manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Lelah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti aktivitas fisik, pekerjaan, pikiran, atau bahkan karena sakit. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis rasa lelah yang disukai oleh Allah dan Rasul-Nya?

Berikut adalah  jenis lelah yang disukai Allah dan Rasul-Nya, beserta ayat Al Quran yang menjelaskannya:

1. Lelah dalam berjihad di jalan Allah

Jihad merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling tinggi dalam Islam. Jihad bisa berarti berperang melawan musuh Allah, atau berjuang di jalan Allah dengan cara lain, seperti berdakwah, menuntut ilmu, atau bekerja untuk mencari nafkah yang halal.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran:

“Dan orang-orang yang berjihad di jalan Kami, pasti akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut: 69)

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Tidak ada lelah, tidak ada sakit, tidak ada resah, tidak ada kesedihan, tidak ada gangguan, tidak ada duka cita yang menimpa seorang Muslim, melainkan Allah SWT akan menghapuskan dengannya dosa-dosanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Lelah dalam berdakwah di jalan Allah

Dakwah merupakan ajaran Islam untuk menyerukan kebaikan dan mencegah kemungkaran. Dakwah bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti berbicara, menulis, atau bahkan melalui media sosial.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran:

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. An-Nahl: 125)

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Barangsiapa yang menyeru kepada petunjuk, maka ia akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun.” (HR. Muslim)

3. Lelah dalam beribadah dan beramal saleh

Ibadah dan amal saleh merupakan hal yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ibadah dan amal saleh bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti shalat, puasa, zakat, haji, dan sedekah.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran:

“Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, Kami akan menghapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan Kami akan membalas mereka dengan pahala yang terbaik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Az-Zumar: 39)

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Siapa yang lelah dalam beribadah kepada Allah SWT, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga tanpa hisab.” (HR. Tirmidzi)

4. Lelah mengandung, melahirkan, dan menyusui

Wanita yang mengandung, melahirkan, dan menyusui merupakan salah satu makhluk yang paling mulia di sisi Allah SWT. Mereka telah berjuang dengan sangat berat untuk melahirkan dan mengasuh keturunannya.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran:

“Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf. Sesungguhnya seorang ibu tidak boleh dihukum karena kesalahannya anaknya, dan seorang ayah pun tidak boleh dihukum karena kesalahan anaknya. Kewajiban ayah ialah menurut kemampuannya dan kewajiban ibu ialah menurut kemampuannya. Sesudah itu jika keduanya ingin menyapih (anaknya), atas dasar musyawarah dan kerelaan bersama, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin mencarikan pengasuh bagi anak-anakmu, maka tidak ada dosa atas kamu, apabila kamu menyerahkan pembayarannya menurut yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat segala sesuatu yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqarah: 233)

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Surga itu berada di bawah telapak kaki ibu.” (HR. At-Tirmidzi)

5. Lelah dalam mengurus keluarga

Mengurus keluarga bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari mengasuh anak, mengurus rumah tangga, hingga menghadapi masalah finansial. Tidak jarang, hal ini dapat membuat kita merasa lelah dan kewalahan.

Berikut ayat Al Quran dan hadis yang dapat menjadi pengingat bagi kita ketika merasa lelah dalam mengurus keluarga:

Surat Al-Baqarah ayat 153:

Dan bersabarlah kamu terhadap apa yang menimpa kamu, sesungguhnya yang demikian itu adalah suatu kewajiban, dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan kesabaran dan salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

Hadis riwayat Tirmidzi:

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang memelihara dua orang anak perempuan sampai mereka dewasa, maka ia dan aku pada hari kiamat seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya

6. Lelah dalam Mencari Nafkah

Mencari nafkah adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT dan kewajiban bagi setiap kepala keluarga. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan menafkahi keluarga. Namun, mencari nafkah tidaklah selalu mudah. Ada kalanya, kita merasa lelah dan jenuh dengan rutinitas pekerjaan.

Surat An-Najm ayat 39-41:

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya. Dan bahwa usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya).”

Hadis dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA:

“Tidak ada rasa letih yang lebih baik daripada rasa letih dalam mencari nafkah yang halal.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Barangsiapa yang bekerja untuk menafkahi keluarganya, maka ia seperti orang yang berjihad di jalan Allah SWT.” [HR. Tirmidzi]

What do you think?

Written by Wina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Cara Mendownload Video TikTok Tanpa Watermark

Mengungkap Fakta Peristiwa G30S-PKI