in

Bikin Ngakak, 12 Nama Makanan Unik dan Lucu Khas Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan kuliner. Tak heran jika banyak makanan khas Indonesia yang memiliki nama unik dan lucu. Nama-nama tersebut bisa jadi karena bentuknya, bahannya, atau cara pembuatannya.

Daftar Nama Makanan Unik dan Lucu Khas Indonesia

Berikut adalah nama – nama makanan unik dan lucu khas Indonesia:

1. Nasi Kentut

Nasi kentut merupakan makanan khas Medan yang terbuat dari beras yang dimasak bersama daun sembukan. Daun sembukan memiliki aroma yang menyengat, sehingga nasi kentut juga memiliki aroma yang sama.

2. Kue Tete

Kue tete merupakan jajanan tradisional khas Jakarta yang terbuat dari tepung beras, garam, baking powder, dan santan. Bentuknya menyerupai payudara, sehingga kue ini sering disebut kue tete atau payudara.

3. Kue Memek

Kue memek merupakan jajanan tradisional khas Sunda yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan. Bentuknya menyerupai vagina, sehingga kue ini sering disebut kue memek yang artinya vagina.

4. Sate Kere

Sate kere merupakan makanan khas Betawi yang terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang dimasak dengan bumbu kecap manis. Sate ini sering disebut sate kere karena harganya yang murah.

5. Peler Kambing

Peler kambing merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari pisang yang digoreng dengan tepung beras dan dicampur dengan santan. Makanan ini sering disebut pempek pisang karena bentuknya yang mirip pempek.

6. Ketela Bajingan

Ketela bajingan merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari singkong yang direbus dan dihaluskan. Makanan ini sering disebut ketela bajingan karena rasanya yang gurih dan lezat.

7. Kue Ketawa

Kue ketawa merupakan jajanan tradisional khas Jawa yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Makanan ini sering disebut kue ketawa karena bentuknya yang menyerupai bola-bola kecil yang menggelembung.

8. Lidah Kucing

Lidah kucing merupakan kue kering khas Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, gula halus, mentega, dan telur. Kue ini sering disebut lidah kucing karena bentuknya yang menyerupai lidah kucing.

9. Mie Lendir

Mie lendir merupakan makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari mie kuning yang dimasak dengan kuah kental berwarna putih. Kuah mie ini terbuat dari tepung tapioka, santan, dan kaldu ayam.

10. Nasi Kucing

Nasi kucing merupakan makanan khas Jawa yang terbuat dari nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini sering disebut nasi kucing karena ukurannya yang kecil dan porsinya yang sedikit.

11. Kue Kontol Kejepit

Kue kontol kejepit adalah jajanan tradisional khas Bantul, Yogyakarta, yang bentuknya menyerupai skrotum laki-laki yang terjepit. Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula jawa.

12. Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang terbuat dari tahu goreng yang disajikan dengan gimbal, tauge, dan kuah petis. Tahu gimbal biasanya dijual dengan harga yang terjangkau, sehingga diberi nama demikian.

Nama-nama makanan unik dan lucu khas Indonesia tersebut tentu saja tidak terlepas dari kreativitas masyarakat Indonesia. Nama-nama tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mencoba makanan-makanan tersebut.

What do you think?

Written by Wina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Sejarah Peringatan Hari Guru Nasional: Simbol Penghormatan dan Penghargaan terhadap Guru

Cara Buat Akun Gmail Baru Tanpa Nomor HP